Doel Sumbang Merajuk Karena Pembajak

Artis musik kenamaan Doel Sumbang belum juga membuat album baru. "Setahun ini saya sedang merajuk. Industri musik kita diacak-acak pembajak," kata Doel di Jakarta, Selasa (7/12) malam. Selama kondisi industri musik Tanah Air masih begitu, ia tak mau membikin album.

Menurut Doel, industri musik Indonesia menjadi tidak nyaman akibat ulah pembajak. Ia menganalisa, pembajakan mulai marak sejak sistem royalti diterapkan. "Kalau banyak yang legal, royalti yang diterima kan besar. Saya yakin orang dalam terlibat. Kalau mau ditelusuri, sebenarnya mudah ketahuan," ujar penyanyi bertubuh rada tambun tersebut.

Doel juga menyatakan bahwa salah satu cara yang mungkin ampuh untuk memberantas pembajakan adalah dengan gerakan moral yang langsung dilakukan oleh para artis. "Kalau semua artis mau mendatangi para pedagang dan meminta rekaman yang dibajak, lama-lama para pedagang itu akan malu," tuturnya.

Langkah kedua adalah terus membangkitkan kesadaran masyarakat untuk tidak membeli produk bajakan. "Belajar malulah," ujar penyanyi tersebut, yang suaranya sama sekali tidak sumbang. (Ant/Ati)

.: dikliping dari Kompas, 9 Desember 2004 :.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar