Pemandu Bakat Artis Denny Sabri Meninggal

Jakarta, Kompas - Denny Sabri Gandanegara yang dikenal sebagai pemandu bakat bagi calon penyanyi, meninggal dunia di Bandung, Jawa Barat, pada hari Sabtu (29/11) pukul 01.00 dini hari. Keterangan dari pihak keluarga menyebutkan bahwa Denny Sabri yang lahir di Garut, Jawa Barat, pada 29 Oktober 1945, meninggal setelah dua hari terakhir ini menderita gangguan ginjal.

Denny meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Dr Hasan Sadikin Bandung. Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka di Griya Mas Raya, Terusan Pasteur, dan dimakamkan di pemakaman Sirna Raga, Bandung, Sabtu siang. Almarhum meninggalkan tiga anak dari dua kali perkawinannya.

Denny Sabri dalam industri musik pop Indonesia tercatat sebagai penemu bakat yang melahirkan penyanyi-penyanyi populer. Ia pernah menangani para penyanyi, seperti Sylvia Saartje, Meriem Bellina, Nicky Astria, Nafa Urbach, Mel Shandy, dan Nike Ardila yang telah meninggal dunia.

Denny juga pernah memfasilitasi terbentuknya grup band seperti Farid Bani Adam yang kemudian memopulerkan lagu Karmila pada tahun 1977. Sebelumnya, pada tahun 1975, Denny melahirkan grup rock Super Kid yang terdiri dari Deddy Stanzah (vokal, bas), Deddy Dores (vokal, gitar), dan Jelly Tobing (drum).

"Denny Sabri itu talent scout-pencari bakat-yang tiada duanya di Indonesia. Banyak penyanyi dan grup band yang pernah diorbitkan Denny," kata Jelly Tobing yang pada 1975 ditarik oleh Denny Sabri ke Jakarta untuk bergabung dengan Super Kid.

Salah satu keahlian Denny dalam mengorbitkan artis adalah dengan memberi nama baru. Misalnya penyanyi Iis Lidyati diubahnya menjadi Lady Avisha. Niki Nastitie Karya Dewi diberi nama baru sebagai Nicky Astria.

"Aktuil"

Sebelum aktif sebagai pemandu bakat, Denny pernah menjadi wartawan dan turut mendirikan majalah Aktuil yang terbit di Bandung pada 1967. Majalah yang dikelola bersama Remy Sylado dan Sonny Suriatmadja itu sempat menjadi bacaan yang populer di kalangan remaja era 1970-an.

Denny pernah pula bekerja pada Perserikatan Bangsa Bangsa di New York, dan menjadi koresponden Aktuil di New York. Saat berada di New York, Denny pernah mendatangkan grup rock Deep Purple yang berkonser di Stadion Utama Senayan pada 5 dan 6 Desember 1975. (XAR)

.: dikliping dari website Kompas, 30 November 2003 :.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar